Haul Mama KH. Zaenal Abidin dan Milad 104 Tahun Pesantren Manba’ul ‘Ulum Jamanis

KH. TB. Miftah Fauzi sedang memberikan ceramah di acara Haul Mama KH. Zaenal Abidin dan Milad ke-104 Pondok Pesantren Manbaul Ulum.

KABARPESANTREN.ID—Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Cibunut Jamanis Tasikmalaya menggelar acara Haul Mama KH. Zaenal Abidin dan Milad ke-104 tahun. Berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (29-30/01/2020). Terhitung ribuan alumni hadir pada acara tersebut. Mereka datang dari berbagai daerah, khususnya, di Jawa Barat.

Agenda di hari pertama adalah tahlil akbar dan temu alumni Hikam (Himpunan Keluarga Alumni Manba’ul ‘Ulum) ke-74. Tahlil akbar dikhususkan untuk memperingati haul muassis dan masyayikh Pesantren Manba’ul ‘Ulum, yakni Mama KH. Zaenal Abidin dan Mama KH. Mansyur Yusuf.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, tablig akbar berlangsung di hari kedua. Hadirnya KH. TB. Miftah Fauzi sebagai mubalig mengundang atensi masyarakat setempat. Ratusan jemaah berdesakan dan tumpah ruah di area Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum.

“Terima kasih untuk Pesantren Manba’ul ‘Ulum Jamanis sudah berkenan menerima al-faqir. Sebuah kehormatan bisa mereguk berkah dari para masyayikh dan ahli ilmu,” tulis Kiai Miftah di laman Facebook miliknya, tak lama seusai ia berceramah.

Pesantren Manba’ul ‘Ulum Jamanis, merupakan salah satu pesantren tertua di Tasikmalaya dan bahkan di Jawa Barat. Didirikan pada tahun 1918 oleh Mama KH. Zaenal Abidin, beliau masyhur dengan nama Mama Jamanis atau Mama Cibunut.

Mama KH. Zaenal Abidin adalah seorang alim yang menjadi guru bagi banyak kiai alim lainnya di Tasikmalaya. Beliau wafat pada tahun 1974. Sepeninggal beliau, kepemimpian di pesantren dilanjutkan oleh KH. Mansyur Yusuf, KH. Zaenal Abidin, KH. Endang Kosim, KH. Encep Badruzzaman dan KH. Encep Ruhiyat. (KPN/Kiki Musthafa)

 

 

 

 

Penulis: Kiki Musthafa